Perkembangan Musik Indie di Tanah Air

Updated: May 16

Seperti halnya di luar negeri, geliat musik indie juga berkembang di Indonesia. Pergerakannya mulai terasa di tahun 90-an, ketika Pas Band memulai tradisi merilis fisik secara mandiri. 


Namun pada masa tersebut, khalayak lebih akrab dengan istilah underground yang mengusung musik lebih keras. Keberhasilan Pas Band dalam menjual 5000 kopi rilisannya, membuat banyak band bersuara keras yang mulai mengikuti jejak untuk berjalan di cara indie. Genrenya pun luas, mulai dari aliran metal hingga rock. 👨‍🎤 


Beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang, memiliki semangat bermusik mandiri yang tinggi. Pada masa itu, semangat DIY dalam bermusik banyak disalurkan lewat musik metal yang sekaligus menyampaikan lirik seputar kritik dan isu-isu sosial.


Selain PAS Band, kancah musik indie di Indonenesia di awal-awal perkembangannya juga diisi dengan kehadiran Pure Saturday dan rumah sakit dengan suara yang berbeda.

Ada pula Mocca, band asal Bandung yang muncul di akhir 90-an lewat musik bernuansa retro hasil dari paduan swing, bossanova, Swedish pop dan jazz yang sangat segar bagi penikmat musik saat itu. Keberhasilan Mocca sebagai musisi indie ini ditandai dengan angka penjualan album mereka yang lebih dari 100.000 kopi. 👏


#soulsearching #heart #indiemusic

3 views

©2019 by iWmotion