[KENAL MEMBER] VIGE, "BERSENANG-SENANG" TAPI MENGHASILKAN

Updated: May 30

Lahir di Cianjur tahun 1990, dengan nama Irwan Febrian.

Gitaris kidal dengan skill yang mumpuni ini sempat menyandang gelar gitaris terbaik pada salah satu festival di Cianjur. Gaya bermainnya yang mengacu pada Steve Vai dan Paul Gilbert, membuatnya dijuluki Vai Gilbert, kemudian berubah menjadi singkatan 'Vige' (VG)


Awal mula terjun ke dunia musik pada tahun 2007 dengan belajar gitar ke sensei Giz (sekarang Giz Record), kemudian dilanjutkan dengan kursus di Purwacaraka Bandung.

Sejak saat itu ia juga mulai tergabung dalam sebuah band, mengikuti berbagai kompetisi dan menjuarai beberapa di antara nya.


Selain ngeband, ia juga hobi membuat musik menggunakan keyboard dengan metode step record. Dari sini lah ia mulai mendalami midi scoring.

Tahun 2014 ia mulai mempelajari DAW, di antara nya, Sonar dan FL Studio. Pada DAW FL Studio ini lah Vige menemukan sesuatu yang pas dengan hobi nya selain bermain gitar, yaitu midi scoring menggunakan fitur pianoroll yang lebih canggih dari step record pada keyboard yang biasa digunakan nya sebelumnya.



Di tahun yang sama ia pun menemukan 'RealStrat' salah satu produk MusicLab. Hal ini membuatnya semakin bersemangat mempelajari lebih dalam soal hobi nya tersebut, dan berambisi membuat suara dari software terdengar otentik layaknya manusia yang bermain gitar asli.


RealStrat adalah intuitif dan aplikasi yang komprehensif yang dirancang sebagai sampel berbasis alat musik yang menggabungkan berbagai suara gitar dan teknik, dalam rangka untuk mensimulasikan instrumen nyata.

Vige sempat berwirausaha pada tahun 2016, namun hasilnya tidak sesuai ekspektasi, mungkin karena passion-nya sejak awal adalah di dunia musik.

Kecintaannya pada musik dan hobinya bermain gitar dan merangkai midi, mendorong nya untuk menemukan orang yang memiliki hobi dan minat yang sama. Kemudian di grup Facebook FL Studio Rock and Metal, ia bertemu dengan Fajar Taufik Hidayat, salah satu admin di grup tersebut, yang menjadi teman untuk sharing dalam hal musik dan pengoperasian DAW.

Jerih payah Vige terbayar lunas setelah 3 tahun menekuni hobi nya tersebut. Pada tahun 2017 ia direkrut oleh MusicLab, perusahaan pembuat software instrumen virtual asal Rusia tersebut meminta nya untuk menjadi content creator demonstrasi lagu dan tutorial. Sampai sekarang ia masih bekerja secara daring untuk MusicLab.

Terbukti dari biografi ini bahwa hobi bisa menjadi pekerjaan dan mendatangkan penghasilan yang cukup, ini adalah hal yang nyata adanya, hingga ketika seseorang bertanya, "Apakah Anda sedang bekerja?", maka kita bisa menjawab "Tidak, saya hanya sedang bersenang - senang".

104 views

©2019 by iWmotion