[KENAL MEMBER] TOPAN TORNADO, SELALU SIAP TAMPIL DAN BERKARYA DEMI MENOLONG SESAMA

Mulai mengenal musik sejak masih anak-anak dan hidup di keluarga sederhana yang suka bermusik menjadikan Topan Tornado sangat mencintai seni terutama seni musik khususnya gitar dan vokal.



Topan belajar secara otodidak. mulai membuat grup musik sejak masih SMP menggarap lagu-lagu Nirvana, Boomerang, dan lagu-lagu karya sendiri. Jika kita mencermati karakter Topan ketika tampil dan bernyanyi, pasti akan teringat karakter dari Iwan Fals, Roy Jeconiah, dan Kurt Cobain - hal ini tidak lepas dari seringnya Topan mendengarkan lagu-lagu mereka sejak usia muda.

Pada tahun 2005, Topan Tornado hijrah ke Tangerang untuk suatu pekerjaan. Namun tak hanya fokus pada pekerjaan, dia terpanggil kembali untuk membentuk band yang membawakan lagu-lagu sendiri untuk ditampilkan di berbagai kesempatan, salah satunya tampil rutin di Warung Apresiasi Bulungan yang memang pada saat itu diprioritaskan untuk para seniman yang membawakan lagu-lagu sendiri.




Sejak aktif tampil dengan bandnya, Topan banyak menambah relasi, jaringan pertemanan, dan menimba pengalaman. Beberapa momen istimewa yang sempat dirasakannya adalah pernah berkolaborasi bersama para personil band pendukung Iwan Fals, dan beberapa kali tampil bersama Roy Jeconiah.


Beberapa raihan prestasi pun sempat dicatatkan Topan Tornado dan bandnya seperti Juara 3 Rock Competition, Juara 3 Festival Musik Dinas Pariwisata Kota Tangerang, dan berbagai prestasi lainnya.

Turut aktif dalam kegiatan penggalangan donasi adalah salah satu kegiatan rutin Topan Tornado. Ia merasa terpanggil untuk menyumbangkan penampilan selaku seniman setiap kali ada yang membutuhkan bantuan donasi karena belum bisa memberi bantuan materi secara langsung. Dengan cara memberikan hiburan, maka akan ia membantu menarik perhatian dan mengumpulkan orang-orang lain, dengan harapan akan banyak yang peduli dan tergerak memberikan sumbangan kepada mereka yang memang sedang membutuhkan.


Dalam membantu penggalangan donasi, Topan tidak pandang lokasi tampil, mulai dari donasi di cafe, pinggir jalan, hotel, semua pernah dijalani. Tujuan Topan hanya satu yaitu ikhlas membantu sesama. Topan tidak sendiri, banyak musisi lain yang sering terlibat kegiatan donasi dan tak jarang berkolaborasi atau sepanggung dengan Topan seperti Samsaka, Edi Bonetski, Cing Oji, Ms Cuong, Banteng VOC, bahkan musisi nasional serperti Ivanka, Edi Kemput, Rian D'masiv, dan Indra Q.







Pada 2020 Topan Tornado mengeluarkan single dengan judul Doa Tuk Indonesia yang bercerita tentang harapan untuk Indonesia lebih baik, single ini saat ini sudah bisa diputar di Spotify, JOOX, iTunes dan beberapa platform digital yang lain.



Dilanjutkan dengan single Membakar Hutan dan single ketiga berjudul Luka-Luka.




Ada juga single berjudul Garda Terdepan, sebuah lagu dedikasi untuk paramedis pada saat pandemi corona mewabah di Indonesia.

Lewat lagu ini pula, Topan Tornado bisa tampil di Wisma Atlet Kemayoran untuk menghibur paramedis di sana. Lagu ini masuk dalam album kompilasi #LaguuntukIndonesia #LawanCovid19 yang digagas oleh Good News From Indonesia (GNFI) dan Distorsi Music Indonesia.


Saat ini Topan Tornado sedang merampungkan penggarapan sebuah album yang rencananya akan rilis dalam waktu dekat.


"Pandemi tidak bisa membuat seniman berhenti berkarya, raga boleh dibatasi tapi jiwa akan tetap berkreasi, " demikian prinsip Topan dalam menghadapi realita pandemi seperti saat ini.

69 views

©2019 by iWmotion