[KENAL MEMBER] ICUN LIN, TIDAK CUMA JAGO KANDANG

Musisi Indonesia tidak cuma jago kandang, Icun Lin, seorang musisi & vokalis asal kota Jambi sudah membuktikan itu.

Icun Lin memulai kariernya bersama sebuah band bergenre mandarin yang berdomisili Jogja yaitu Golden Dragon Band. Gold Dragon Band awalnya hanyalah band yang mengisi hiburan di berbagai even dan acara di kota gudeg tersebut.


Namun pada tahun 2010. berbekal pengalaman dari satu panggung ke panggung lainnya, band ini memantapkan dirinya untuk mengikuti ASEAN BEST BAND yang diselenggarakan oleh Airasia dan MTV yang diikuti perwakilan dari 10 negara.


ASEAN BEST BAND yang diadakan di negara Malaysia itu ternyata menjadi tonggak sejarah bagi Icun Lin dan kawan-kawan karena pada acara itu Golden Dragon Band berhasil meraih juara pertama dengan mengalahkan 2575 band yang berkompetisi saat itu.



Di samping prestasi bandnya, Icun Lin sendiri, disela-sela kegiatan bermusik dan nge-band ternyata juga sering berprestasi di berbagai ajang lomba karaoke tingkat nasional maupun internasional, di antaranya adalah :

  • Juara 1 Lomba Karaoke Mandarin terbuka, di JECC - Jakarta

  • Juara 2 Lomba Karaoke Mandarin Terbuka, Malaysia

  • Juara 1 Lomba Karaoke Mandarin, Jambi

  • Juara 2 Lomba Radio RHK Mandarin, Semarang




Pada tahun 2014, Icun Lin memutuskan untuk mengambil kesempatan untuk belajar di TUNESTUDIO - Malaysia. Sedangkan Golden Dragon Band yang aktif sejak tahun 2000 akhirnya harus dinonaktifkan pada tahun 2017 karena berbagai pertimbangan.


Selepas belajar di TUNESTUDIO, Icun Lin mulai aktif berkarir di bidang sound engineering sehingga akhirnya memutuskan hijrah ke Jakarta dan membuka usaha rekaman bernama ICUNSTUDIO.


Di sela-sela kesibukannya di dunia rekaman, Icun Lin juga menyempatkan diri berbagi ilmu vokal khususnya untuk genre mandarin dengan murid-muridnya. Yang juga membanggakan, ternyata cukup banyak prestasi yang dicapai oleh murid-muridnya, antara lain Juara Asia Star 2017 Malaysia dan berbagai prestasi di banyak ajang lomba karaoke terbuka, baik di Jakarta maupun di mancanegara seperti Malaysia, Thailand dan lain-lain.


Dengan segudang pengalaman yang diperolehnya itu, Icun Lin mulai mencoba memproduseri album musik, hingga pada satu kesempatan di tahun 2020 ICUNSTUDIO bekerja sama dengan produser asal Malaysia berhasil merilis CHINESE LUNNAR ALBUM.


Dari situlah kemudian Icun Lin sering diundang menjadi pembicara atau menjadi juri di berbagai even yang digelar di Indonesia maupun di berbagai negara seperti Singapura dan Malaysia, bahkan di Malaysia Icun Lin memiliki sebuah kompetisi yang sangat digemari yaitu Icun Lin International Cup yang sudah 5 kali diselenggarakan.


Icun Lin juga rajin menulis lagu yang menjadi hobinya sejak di Golden Dragon Band, Setiap tahunnya ia selalu mengeluarkan satu lagu untuk IMLEK (chinese lunnar) dan juga beberapa lagu mandarin lainnya.




Yang terbaru, selain genre mandarin, ia juga menulis sebuah lagu berjudul "Asa untuk Indonesia" yang dinyanyikan berbagai artis, tokoh nasional, tokoh budaya, maestro tari bahkan petinju kelas dunia seperti Chris John juga ikut berpartisipasi dalam lagu tersebut.




166 views

©2019 by iWmotion