[KENAL MEMBER] ANDILA NISRINA, PERCAYA DIRI MERILIS SINGLE SENDIRI


Hobi nyanyi dan menyenangi musik sejak kecil, Andila Nisrina tetap konsisten dengan cita-citanya menjadi artis penyanyi sampai hari ini. Ditambah lagi dengan dukungan dari ayahnya yang seorang penikmat musik yang memiliki beragam referensi jenis musik dan wawasan musik yang cukup luas, Andila kecil menjelma menjadi penyanyi yang memiliki cukup pengalaman di usianya yang masih 19 tahun.




Sejak menginjak usia SMP, ketika Andila pindah sekolah dari Makassar ke Bandung, ia mulai dapat kesempatan manggung ketika ditunjuk sebagai vokalis Grup Angklung sekolahnya di Bandung. Andila sering menjadi juara ketika mewakili sekolahnya di berbagai ajang lomba, sehingga dalam suatu acara ia diminta untuk bernyanyi di depan Gubernur Jawa Barat. Tidak berhenti sampai di situ, Andila kemudian diminta tampil dalam acara Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) di Jakarta. Pengalaman yang membanggakan itu membuat Andila mulai percaya diri terhadap kemampuan olah vokalnya.


Menginjak SMU, Andila bergabung dengan Angeline Band yang digawangi Uki, Ayon dan Fajar (sekarang Shena Band). Bersama Angeline Band, membawakan lagu-lagu top 40 di berbagai event di kota Bandung, jam terbang manggung Andila dengan format sebuah band semakin bertambah. Angeline Band sendiri sempat masuk dapur rekaman namun tidak jadi dirilis.


Setahun bergabung di Angeline Band, Andila mengundurkan diri karena harus mengikuti orang tuanya pindah ke Jakarta. Tapi walau pindah sekolah, ia tetap dipercaya sekolah barunya untuk mewakili sekolahnya mengikuti lomba-lomba vokal antar SMU dan prestasi terbaik yang diraihnya adalah ketika menjadi Juara 1 Vokal Solo Wanita FLS2N antar SMU se-Jakarta Timur tahun 2018.


Di tahun yang sama , Andila juga diajak gabung dengan sebuah project band yaitu CBS Band yang personilnya udah malang melintang di dunia pertunjukan musik Jakarta. Dari situ ia juga banyak menambah jam terbang dan pengalaman untuk manggung dan banyak menimba ilmu dari para personil yang lain.


Di tahun yang sama Andila juga pernah coba mengikuti beberapa ajang festival dan pencarian bakat seperti Indonesian Idol dan The Voice walau hanya sampai audisi tahap video booth saja, namun sempat menjadi finalis Bintang Radio RRI DKI Jakarta.



Gagal dari berbagai ajang festival dan pencarian bakat itu, Andila dalam suatu kesempatan bertemu dengan Victor Manuputty (almarhum) yang sudah cukup dikenal sebagai seorang vocal director dan produser musik beberapa artis nasional. Beliau memberikan saran supaya Andila menentukan pilihan apakah tetap mau ikut ajang-ajang festival atau pencarian bakat atau fokus merilis karya sendiri.


Andila akhirnya memilih untuk fokus berkarya sendiri dan mulai mencoba menulis lagu. Usahanya tidak sia-sia karena terciptalah beberapa karya dari kreatifitasnya sendiri, di antaranya sebuah lagu berjudul "Bubble Gum".


Di sisi lain ketika CBS Band telah menyelesaikan proyeknya, Andila mendapatkan tawaran untuk mengisi kekosongan posisi vokal dari salah satu band reguler di daerah Bekasi yaitu Queenzella Band. Mulai dari situ, Andila mulai merasakan bahwa pilihannya menjadi penyanyi bisa menghasilkan uang setiap bulan, meski akhirnya kontraknya dengan Queenzella Band harus berakhir singkat karena pandemi covid-19 melanda Indonesia.



Tidak patah arang, Andila memutuskan untuk kembali fokus menyelesaikan karyanya sendiri. Perjalanan merilis single perdananya berjudul "Bubble Gum" termasuk cukup panjang menurutnya, karena Andila sempat tidak pede dengan karyanya itu. Namun, rasa tidak pede itu berangsur hilang ketika mengikuti Kamis Loka Karya yang diadakan Binart Collective (komunitas musisi Bintaro) ia mendapatkan banyak ilmu dan dukungan yang mengembalikan rasa percaya dirinya.


Akhirnya setelah menghabiskan waktu 6 bulan ,tepatnya tanggal 3 Juli 2020 Andila memberanikan diri untuk merilis sendiri single perdananya yang berjudul "Bubble Gum" itu dengan bantuan beberapa rekannya ke semua platform digital sehingga karyanya sekarang sudah bisa dinikmati oleh lebih banyak orang melalui Spotify, JOOX, dan platform populer serupa lainnya.



Kesuksesan Andila merilis single perdana ini tak lepas dari dukungan kedua orang tuanya yang selalu mendukungnya untuk tetap konsisten menjadi penyanyi dan berkarya sendiri, terutama ayahnya. Selain itu juga ada peran Yuke Sampurna (Dewa) yang membantu mengarahkannya dalam produksi karya dan membantu menghubungkan Andila dengan Ali Akbar Sugiri (eks The Groove) yang akhirnya menjadi produser musik dari 2 buah single Andila yang proses rekamannya diselesaikan di tahun 2019, serta beberapa pihak lain seperti Uncle Gobe yang membantu di awal-awal Andila mulai berkarya, dan juga Almesura yang memproduseri video musiknya.


Selain "Bubble Gum", dalam waktu dekat ini Andila juga berencana untuk merilis single keduanya berjudul "Petir" yang saat sudah selesai proses rekaman, tinggal menunggu penggarapan video musiknya saja. Di single "Petir", Andila akan bercerita tentang rasa kecewa dan putus asa buat meyakinkan pasangannya untuk selalu percaya dan tak perlu khawatir akan kesetiaan.


Penasaran dengan single kedua dari Andila?

Simak terus sepak terjang Andila Nisrina di untuk mewujudkan mimpinya di dunia musik nasional.


Salam Distorsi!

©2019 by iWmotion